Ujian Pendidikan Kesetaraan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Homeschooling Metakognisi tahun ajaran 2016-2017

Siswa berkebutuhan khusus tetap memiliki hak untuk memperoleh pendidikan yang setara dengan siswa formal.  Namun tetap mengedepankan kesesuaian dengan kemampuan anak di mana mereka memiliki keunikan dan keistimewaan dibandingkan dengan siswa normal.

IMG-20170504-WA0008
Siswa berkebutuhan khusus dari Homeschooling Metakognisi di dampingi orang tua dan atau guru saat mengerjakan Ujian Sekolah Pendidikan Kesetaraan (Homeschooling Metakognisi)

Homeschooling atau PKBM Metakognisi telah mengakomodir siswa berkebutuhan khusus di tingkat SD dan SMP.  Di mana mereka tidak mampu bersekolah di sekolah formal karena keterbatasan fisik dan psikologisnya.  Siswa berkebutuhan khusus seperti Disleksia, Manic-Depressive, dan Cerebal Palsy dapat bersekolah dengan perlakuan khusus yaitu terapi sekaligus mendapat legalitas formal dari pembelajaran yang dilakukan.  Bahkan mereka mampu mengikuti ujian kesetaraan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Mereka tetap mendapatkan pendidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan juga diterapi pada saat yang bersamaan.  Sehinga perbaikan yang terjadi beriringan dengan proses belajar dan mengajar yang berlangsung.  Siswa tidak hanya fokus kepada pelajaran, namun juga proses terapi yang dilakukan sehingga mereka dapat kembali ke sekolah formal di kemudian hari.

Ujian kesetaraan tingkat SD atau Paket A dilakukan dua tahap, yaitu ujian sekolah dan ujian nasional berbasis daerah.  Ujian sekolah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Wilayah II, yaitu oleh Seksi PAUD dan DIKMAS secara serentak bagi semua PKBM atau Homeschooling di wilayah DKI Jakarta.  Pelaksaaan Ujian dilaksanakan di SDN 01 Ragunan pada 3,4,5,6 Mei 2017.  Mata pelajaran yang diujikan pada ujian sekolah yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, PKN, IPA, IPS, Muatan Lokal. Seni Budaya, Pendidikan Kesehatan dan Olah Raga, dan Agama. Ujian sekolah Sedangkan ujian nasional berbasis daerah dilaksanakan pada 15,16, dan 17 Mei 2017 di SDN 01 Ragunan, Jakarta Selatan.  Sedangkan mata pelajaran yang diujikan pada ujian nasional adalah Bahasa Indonesia, PKN, Matematika, IPS, dan IPA.

IMG-20170505-WA0007
Ujian Sekolah Pendidikan Kesetaraan Paket A atau setara dengan Sekolah Dasar (SD) yang diikuti peserta dari Homeschooling Metakognisi di SDN 01 Ragunan, Jakarta Selatan

Sedangkan ujian kesetaraan tingkat SMP atau Paket B juga dilakukan dua tahap, yaitu ujian sekolah dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).  Ujian sekolah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Wilayah II, yaitu oleh Seksi PAUD dan DIKMAS secara serentak bagi semua PKBM atau Homeschooling di wilayah DKI Jakarta. Mata pelajaran yang diujikan pada ujian sekolah yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, PKN, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Muatan Lokal, Seni Budaya, Pendidikan Kesehatan dan Olah Raga, dan Agama. Pelaksanaan ujian sekolahPelaksanaa UNBK dilaksanaka pada 13,14, dan 20 Mei 2017. Mata pelajaran UNBK yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Matematika, dan PKN.

P_20170401_090500.jpg
Ujian Sekolah Pendidikan Kesetaraan untuk Wilayah Jakarta Selatan II yang diikuti oleh peserta dari Homeschooling Metakognisi untuk tingkatan SMP atau Paket B (Homeschooling Metakognisi)

Nilai kelulusan adalah gabungan dari nilai raport dan nilai ujian sekolah dengan bobot nilai 70% untuk rata-rata nilai raport dan nilai ujian sekolah memiliki bobot nilai 30%.  Kelulusan adalah tidak ada nilai 5,5 di tiap mata pelajaran serta memiliki rata-rata semua mata pelajaran di atas 6,0. Untuk tingkatan SD atau paket A, nilai kelulusan adalah rata-rata nilai raport semester satu dan dua dari kelas 4,5, dan 6. Untuk tingkatan SMP atau paket B, nilai kelulusan adalah rata-rata nilai raport semester satu sampai lima dari kelas 1,2, dan 3.

Melalui sistem kelulusan ini, maka kemampuan siswa tidak dipotret dari ujian sekolah atau ujian nasional semata.  Melainkan dengan proses dan kemajuan yang dialami oleh siswa di setiap semesternya.  Oleh karena itu tingkat kelulusan dari siswa PKBM atau Homeschooling dapat mencapai 100%. (ags/Homeschooling Metakognisi).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s